POSBINDU Pos Pembinaan Terpadu KEL. TIDAR SELATAN

POSBINDU SEHAT SEJAHTERA KELURAHAN TIDAR SELATAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT.





Pos Pembinaan Terpadu "POSBINDU SEHAT SEJAHTERA" Kelurahan Tidar Selatan sebagai upaya meningkatkan derajat Kesehatan Warga Masyarakat di Kota Magelang khususnya Warga Masyarakat Kelurahan Tidar Selatan.

"Saat ini sudah ada pos pembinaan terpadu (posbindu) di wilayah Kelurahan Tidar selatan, sasaran utama dari layanan posbindu di wilayah Tidar selatan adalah memantau kondisi kesehatan warga Masyarakat usia 15 hingga 50 tahun, khususnya dari penyakit tidak menular atau penyakit degeneratif.

       Layanan kesehatan Posbindu dilakukan rutin setiap bulan dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah, status gizi, indeks massa tubuh dan berbagai pemeriksaan lainnya.

       Warga yang dinyatakan kondisi kesehatannya kurang baik atau memiliki faktor risiko terkena penyakit seperti tekanan darah tidak normal, mengalami kegemukan atau status gizi buruk akan memperoleh konsultasi kesehatan.

"Penyakit-penyakit tidak menular sebenarnya bisa dihindari dengan pola hidup yang seimbang, menjaga pola makan dan kesehatan lingkungan. Jika ada salah satu indikator kesehatan yang dinyatakan kurang baik, maka warga tersebut bisa langsung melakukan tindakan pencegahan sejak dini,"

Kegiatan yang dilakukan di posbindu sejalan dengan paradigma kesehatan yang kini dikembangkan pemerintah yaitu meningkatkan upaya promotif dan preventif dibanding melakukan upaya kuratif atau rehabilitatif.

"Saat ini pun, penanganan penyakit tidak menular sudah memiliki standar pelayanan minimal (SPM). Kegiatan di POSBINDU SEHAT SEJAHTERA Kelurahan Tidar selatan adalah bentuk riil dari upaya preventif melakukan tindakan pencegahan sejak dini.

POSBINDU SEHAT SEJAHTERA KELURAHAN TIDAR SELATAN TULUS MELAYANI MASYARAKAT

#S

Komentar